Paman Yan - Coba deh mamen perhatikan ban kendaraan mamen baik itu mobil,Sepeda motor hingga sepeda.Pasti mamen akan melihat dengan jelas alur-alur garis seperti parit disepanjang ban tersebut.Ternyata fungsinya ialah untuk IRIGASI (hahaha gak deng becanda).Terus apa dong fungsi yang sebenarnya? sepenting apa sih? nah dari pada mamen bingung dan atau memang benar-benar bingung,dan untuk menjawab kebingungan mamen itu dengan mengklik artikel ini mamen telah menemukan jawaban yang tepat.Keep tenang,selow,santai siapkan kopi nyalakan rokok,yuk scrol kebawah dan simak penjelasan paman.
Pada zaman dahulu kala (haha asekk) gak lah gak dulu-dulu juga kali,tepatnya pada tahun 1839 sebuah teknik berhasil ditemukan oleh Charles Goodyear yang kemudian dinamakan tekhnik vulkanisasi karet.Nama vulkanisasi sendiri bersal dari kata vulkan yang merupakan dewa api menurut kepercayaan bangsa Romawi.
Hingga pada tahun 1845 Thomson & Dunlop menciptakan ban atau pada saat itu disebut ban hidup alias ban berongga udara,sehingga Thomson & Dunlop disebut sebagai bapak ban.Dengan perkembangan teknologi Charles Kingston Welch menemukan ban dalam, sementara William Erskine Bartlett menemukan ban luar.
Pada ban terdiri dari 4 bagian yaitu :
- Tread, yang merupakan bagian dari telapak ban yang berfungsi untuk melindungi ban dari benturan, tusukan objek dari luar yang dapat merusak ban. Tread dibuat banyak pola yang disebut Pattern.
- Breaker dan Belt adalah bagian lapisan benang (pada ban biasa terbuat dari tekstil, sedangkan pada ban radial terbuat dari kawat) yang diletakkan di antara tread dan casing. Berfungsi untuk melindungi serta meredam benturan yang terjadi pada Tread agar tidak langsung diserap oleh Casing.
- Casing adalah lapisan benang pembentuk ban dan merupakan rangka dari ban yang menampung udara bertekanan tinggi agar dapat menyangga ban.
- Bead adalah bundelan kawat yang disatukan oleh karet yang keras dan berfungsi seperti angkur yang melekat pada velg.
Ban yang merupakan bagian inti dari sebuah kendaraan agar dapat berjalan tentulah pasti akan mengalami yang namanya keausan ataupun penipisan karena bergesekan langsung dengan aspal.Dan yang sangat perlu diperhatikan adalah jika pattern atau pola alur pada ban sudah memiliki kedalaman kurang dari 1.6 mm dari permukaan tread,itu tandanya ban sudah layak untuk diganti.
Pola tread memanglah memegang peran utama pada bagian ban,bagaimana tidak untuk dapat menyesuaikan laju kendaraan di berbagai medan kita haruslah pintar memilih jenis Pola Tread.Berdasarkan jenis dan bentuk polanya tread dibagi menjadi 4 jenis yaitu
1. Pola Rib (Zig-Zag)
- memiliki rolling resistance (tahanan gelinding) yang kecil
- Slide slipping resistance lebih besar sehingga ban mudah untuk dikendalikan
- Suara yang ditimbulkan oleh ban lebih kecil
Kekurangan :
- Tenaga tarik yang kurang baik sehingga mudah terpatar di jalanan berlumpur
2. Pola Lug (garis tegak lurus terhadap garis keliling ban)
Keunggulan :
- Dapat digunakan dijalanan tidak rata seperti tanah.
- Dapat digunakan dijalanan lunak.
- Biasa digunakan oleh kendaraan konstruksi dan truk
- Memiliki tenaga tarik yang baik
Kekurangan :
- Mudah aus dan keausannya tidak merata
- Suara yang ditimbulkan lebih besar
3. Pola Rib dan Lug (Gabungan pola rib dan lug)
Keunggulan :
- Biasa digunakan pada bus dan truk
- dapat digunakan dijalanan yang rata dan berpasir atau berbatu
- pengemudian lebih stabil disaat pengereman
- Kemungkinan Slide slipping lebih kecil
Kekurangan :
- Mudah aus dengan tidak merata
4. Pola Block (pola bebas)
Keunggulan :
- Dapat digunakan dijalanan bersalju
- Biasa digunakan pada mobil penumpang
- Pengereman lebih baik
- Mengurangi slipping dijalanan berlumpur
Kekurangan :
- Lebih cepat aus dan tidak beraturan.
Nah jadi jika dilihat dari jenis-jenis dan fungsinya alur atau pola pada ban ini sangat penting bukan? jadi tujuan utamanya ialah kemaksimalan ban saat digunakan dan tentunya untuk keselamatan mamen saat berkendara.Jadi saran Paman Yan nih lebih baik mamen jangan merombak atau mengganti ban ya dengan tujuan biar terlihat keren,karena akibatnya bisa fatal loh (baca juga : detik-detik kecelakaan maut gadis cantik).
Sekian penjelasan dari paman kalau ada kritik dan saran silahkan tulis dikolom komentar atau bisa juga melalui Contact Us di footer.
Babay.
Demikian artikel tentang Kenapa pada ban kendaraan dibuat alur? Ternyata manfaatnya gak main-main loh..! ini dapat kami sampaikan, semoga artikel atau info tentang Kenapa pada ban kendaraan dibuat alur? Ternyata manfaatnya gak main-main loh..! ini, dapat bermanfaat. Jangan lupa dibagikan juga ya! Terima kasih banyak atas kunjungan nya.